Cara Membuat Tempe




Hai sobat J Siapa sih yang tidak kenal dengan tempe ? ya, hampir semua orang pasti pernah mengonsumsi tempe. Tempe merupakan salah satu makanan khas tradisional Indonesia yang berbahan dasar kedelai yang mengandung protein cukup tinggi.
Namun apakah kamu tahu cara membuat tempe ? sebelum membahas lebih lanjut akan lebih baiknya jika kamu tahu definisi berikut ini.

  • Fermentasi adalah proses pengolahan makanan dari bahan dasar menjadi produk jadi atau setengah jadi dengan memanfaatkan mikroorganisme tertentu. proses ini menyebabkan adanya perubahan kandungan pada makanan.  misalnya buah atau sarinya yang terasa masam dan mengandung alkohol (tape), tempe, yoghurt (susu yang terasa masam).
  • Ragi adalah zat yang menyebabkan fermentasi yang mana mengandung mikroorganisme.
  • Miselium adalah kumpulan beberapa hifa (benang)
  • Enzim adalah salah satu protein yang berfungsi sebagai pemercepat reaksi-reaksi kimia.


Nah, sudah paham kan ? yuk cekidot J
Tempe merupakan makanan dari hasil fermentasi antara kedelai dengan ragi. Pada proses pembuatan tempe diperlukan paling sedikit empat jenis ragi dari genus Rhizopus, yaitu Rhyzopus oligosporus, Rhyzopus stolonifer, Rhyzopus arrhizus, dan Rhyzopus oryzae. Miselium dari kapang tersebut akan mengikat keping-keping biji kedelai dan memfermentasikannya menjadi produk tempe. Dalam pertumbuhannya, Rhizopus sp membentuk benang-benang yang disebut sebagai benang hifa. Benang-benang hifa ini mengikatkan biji kedelai yang satu dengan lainnya, sehingga biji-biji tersebut membentuk suatu massa yang rapat (kompak). Massa kedelai inilah yang selanjutnya disebut sebagai tempe.
Lalu bagaimana cara membuat tempe ? berikut penjelasannya.


  • Pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah merebus kedelai. Perebusan kedelai ini dapat dilakukan selama 30 menit per ½ kwintal. Kemudian diangkat dan didiamkan selama 1 malam. Hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan asam dan lendir dari kedelai.
    merebus kedelai

  • Kedua yaitu penggilingan. Penggilingan kedelai bertujuan agar biji  kedelai terbelah menjadi 2 bagian dengan menggunakan mesin khusus. Penggiilingan ini juga dapat dilakukan dengan cara konvensional yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada jaman dahulu yaitu menginjak-nginjak kedelai hinga terbelah. Kedelai yang membelah ini akan mempermudah proses pengolhana menjadi tempe.
    mesin penggiling tempe

  • Ketiga, yaitu penyaringan bertujuan untuk memisahkan kedelai dari kulit arinya.
penyaring tempe yang masih konvensional

  • Keempat yakni pencucian. Pada proses pencucian ini dilakukan sebanyak kurang lebih 4x. Hal ini diakukan untuk menghilangkan sisa-sisa asam dan lendir agar kedelai tampak kesat dan tidak terasa  Kelima, penirisan. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan kedelai dalam karung pada ruangan terbuka selama 3 jam supaya tekstur kedelai menjadi keras dan meminimalisir kandungan air.
proses pencucian tempe

  • Keeenam yaitu proses fermentasi yakni dengan mencampurkan kedelai dengan ragi. Proses ini juga memiliki aturan yaitu untuk setiap 10 kg kedelai digunakan ¼ sendok makan ragi tempe. Namun, perlu diingat bahwa pemberian ragi tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena dapat menurunkan kualitas tempe berupa warna putih pucat dan rasa yang pahit.
ragi tempe

komposisi dan cara pemakaian

  • Campuran kemudian dikemas dengan menggunakan plastik atau daun yang telah dibelah dan dilubangi, kemudian memasukkan adonan ke dalamnya. Adonan yang telah dikemas tadi selanjutnya didiamkan selama 2 hari pada suhu kamar dan diletakkan dalam papan penyimpanan. Proses ini bertujuan untuk mengembangkan ragi dalam tempe. Pada proses ini terjadi peningkatan suhu pada tempe sehingga akan didapati embun pada plastik/ daun. Apabila tempe sudah setengah jadi (berwarna putih) maka tempe perlu dibalik agar hasil air pengembunan keluar.  Namun ada yang perlu diingat bahwa tempe tidak boleh bertumpuk agar kerja ragi maksimal.
tempe setelah diberi ragi dan dikemas dalam plastik 

tempe sudah memadat

tempat penyimpanan tempe



Bagaimana ? mudah bukan ? semoga bermanfaat J


Komentar

Postingan Populer